Kepakaran adalah pengetahuan yang ekstensif dan spesifik yang diperoleh melalui rangkaian pelatihan, membaca, dan pengalaman. Pengetahuan membuat pakar dapat mengambil keputusan secara lebih baik dan lebih cepat daripada non-pakar dalam memecahkan problem yang kompleks. Teknik industri adalah suatu teknik yang mencakup bidang desain, perbaikan, dan pemasangan dari sistem integral yang terdiri dari manusia, bahan-bahan, informasi, peralatan dan energi. Dasar keilmuan teknik industri multidisiplin, karena teknik industri tidak hanya bertumpu pada ilmu matematika dan fisika, tetapi juga ilmu sosial dan manajemen untuk mengkhususkan, memprediksi, dan mengevaluasi hasil yang akan dicapai dari suatu sistem.
Kepakaran dari seorang sarjana teknik industri yaitu bahwa seorang lulusan sarjana teknik industri wajib dan mutlak harus menguasai sebuah keahlian dalam dua bidang yaitu bidang keahlian Teknik dan Manajemen Industri. Keahlian dan ilmu yang dimiliki sebagai bekal dalam menempuh dan menunjang seorang sarjana teknik industri di dunia kerja. Dimana dalam bidang keahlian teknik seorang sarjana teknik industri mampu mengatasi serta menganalisa dan memperbaiki segala permasalahan yang menyangkut dengan teknologi, mesin, material, peralatan, energi dan sebagainya. Sedangkan dalam bidang keahlian manajemen industri seorang sarjana teknik industri mampu memprediksi, menganalisa serta mengatasi segala permasalahan yang menyangkut dengan sistem, informasi, keuangan, struktur organisasi, pemasaran dan sebagainya.
Peluang pekerjaan lulusan sarjana teknik industri bersifat luas yang mencakup segala aspek, dikarenakan setiap lulusan sarjana teknik industri mendapatkan dua keahlian yaitu keahlian bidang teknik industri dan keahlian bidang manajemen industri. Dua keahlian yang dimilki lulusan sarjana teknik industri di dalam dunia kerja dikelompokan masing-masing menjadi industri manufaktur dan jasa. Peluang kerja dalam bidang industri manufaktur berkaitan dengan Industri Logam, Otomotif, Tekstil, Kimia, Garment, Kayu dan Furnitur. Peluang kerja dalam bidang jasa berkitan dengan Perbankan, Perdagangan, Konsultan Teknik, Telekomunikasi, Teknologi dan Sistem Informasi.
KARAKTER-KARAKTER TIDAK BERETIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat,  bangsa  dan  negara.  Individu  yang  berkarakter  baik  adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan tiap akibat dari keputusan yang ia buat.
KARAKTER PEMBOHONG
Pembohong, karakter ini merupakan karakter yang tidak baik dimana  dapat muncul kepada seseorang baik dalam keadaan mendesak maupun dalam keadaan biasa saja, karakter ini dapat merubah sifat seseorang secara terus menerus. Dampak yang diakibatkan dari tindakan berbohong sangat merugikan orang lain maupun diri sendiri, apabila orang lain mengetahui karakter ini pada seseorang, maka setiap apa yang didengar orang lain terhadap pekataan seseorang tidak akan dipercaya lagi. Contohnya yaitu ketika seseorang berbicara pada orang lain tidak sesuai dengan kenyataan dan terkesan mengada-ada.
KARAKTER KERAS KEPALA
Keras Kepala, karakter ini merupakan karakter yang dimiliki bawaan seseorang dari lahir. Karakter ini memiliki sikap yang cenderung tidak mau saran dan kritik orang lain yang pada dasarnya hal itu bertujuan baik, orang yang memiliki karakter ini cenderung akan sadar jika sudah terjadi sesuatu yang dapat membuktikannya kebenarannya. Contohnya ketika seseorang dalam kondisi rapat tidak mau mendengarkan saran dari peserta rapat lainnya.
KARAKTER PEMARAH
Pemarah, karakter ini merupakan karakter yang ditimbulkan oleh beberapa faktor seperti lingkungan, sifat dan lain-lain. Seseorang yang sedang marah cenderung tidak dapat mengkontrol dirinya, sehingga dapat menimbulkan kerugian baik untuk orang lain maupun dirinya sendiri. Contohnya ketika ada orang lain yang berbuat salah sedikit terhadap seseorang padahal tidak sengaja orang tersebut langsung marah.
KARAKTER TIDAK SOPAN
Tidak sopan, karakter ini merupakan karakter yang dimiliki seseorang dimana sikap yang dilakukan orang itu dianggap tidak menghargai orang lain dan membuat orang lain tersinggung serta tidak mempedulikan kondisi lingkungan sekitar yang terdapat orang lain. Contohnya ketika seseorang tertawa keras ditempat umum seperti rumah sakit.
KARAKTER IRI HATI
Iri Hati, karakter ini merupakan karakter yang dimiliki seseorang dimana tidak mengingkan seseorang merasa senang. Sikap ini membuat pola pikir seseorang berubah drastis akibat ketenangan dan ketentraman hati yang terganggu setiap kali melihat orang lain memiliki sesuatu yang lebih dari apa yang dia miliki. Contohnya ketika seseorang melihat orang lain memiliki barang lebih mahal dari dirinya dan dia merasa tersaingi.
AKTIVITAS TIDAK BERETIKA PROFESIONAL DALAM BEKERJA
KORUPSI
Aktivitas ini merupakan aktivitas menyeleweng yang dilakukan seseorang maupun sekelompok orang terhadap suatu perusahaan dengan tujuan keuntungan pribadi. Aktivitas ini biasanya lebih kedalam bentuk uang. Contohnya seseorang dalam sebuah proyek menaikan biaya proyek didalam laporan keuangan, padahal biaya yang dikeluarkan tidak sebesar yang dilaporan keuangan.
TIDAK MASUK KERJA TANPA KETERANGAN
Aktivitas ini merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang terhadap suatu instansi. Aktivitas ini menyalahi aturan kerja dan tidak disiplin dalam bekerja, aktivitas ini menyebabkan dampak kerugian bagi perusahaan maupun rekan kerja dikarenakan tanggungjawab pekerjaan yang dimiliki orang itu terbengkalai. Contohnya seseorang yang sengaja meliburkan diri tanpa keterangan ketika ia diberikan tugas yang menumpuk.
MENYALAHGUNAKAN TEMPAT KERJA UNTUK AKTIVITAS TERLARANG
Aktivitas ini menyalahi aturan kerja dan tidak disiplin dalam bekerja serta tidak beretika, dikarenakan melakukan aktivitas lain tidak sesuai dengan tempatnya. Aktivitas ini merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang terhadap suatu perusahaan, aktivitas ini menyebabkan dampak kerugian bagi perusahaan, rekan kerja maupun diri sendiri dikarenakan dapat menimbulkan keresahan bagi orang lain. Contohnya seseorang yang mengkonsumsi obat terlarang atau minuman keras saat dalam kondisi kerja.
Sumber :
disalin pada http://myblogswm.blogspot.co.id/2017/04/kepakaran-dari-seorang-sarjana-teknik.html

0 komentar :

Posting Komentar

 
GUABILANG.com © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top profil